Rabu, 25 Januari 2017

YANG SUDAH SEBAR BERITA FOTO PENGANTIN DENGAN 3 MEMPELAI WANITA WAJIB BACA INI... TERNYATA INI BERITA FAKTA SEBENAR NYA !!!

Sebuah foto beredar luas di dunia maya. Isinya
tentang seorang pria berbaju pengantin dan tiga orang wanita yang juga memakai baju pengantin. Foto ini dispekulasikan seolah-olah sang pria menikah dengan tiga wanita. Benarkah?



Foto ini disebar masyarakat lewat akun twitter, facebook, dan situs jejaring sosial lainnya. Mulai dari komentar miring sampai yang mendoakan disertai di dalam foto. Sebuah akun di facebook bahkan ada yang mengklaim mendapat konfirmasi dari pemilik foto, namun belakangan postingan itu dihapus.

Tak hanya itu, foto tersebut juga dijadikan sebagai ilustrasi berita oleh sebuah situs berbahasa Thailand terkait isu poligami. Meski begitu, tidak disebutkan siapa sosok di dalam foto. Mereka hanya menulis kejadian berada di Indonesia.

Investigasi:

Selain di media lokal Thailand, foto itu rupanya telah tersebar secara viral di media sosial Facebook. Sebuah akun berinisial DF yang diduga pertama kali menyebarkannya di akun Facebook pada tanggal 27 Maret. Belakangan, foto itu sudah dihapus. Walau telah dihapus, rupanya foto itu telah tersebar secara viral.

Setelah viral, ada beberapa akun di facebook membuat klarifikasi. Yang pertama adalah Septhia Nha Wati yang

memajang foto pria tadi, namun dengan foto lain yang memberi penjelasan soal kejadian sebenarnya.

"JANGAN SUKA NYEBARIN FITNAH Y A....INI POTO ASLI NYA...SAK NE SING DO JOMBLO RA DO KUMANAN NKO NAK DUE BOJO 3 LANGSUNG!" tulis seorang pengguna Facebook dengan akun bernama Septia Nha Wati.

Foto pertama merupakan foto 1 pria dan 3 wanita berpakaian pengantin yang sudah tersebar ke dunia maya. Sementara di foto kedua, terlihat 3 pasangan pengantin bersama seorang pria dan wanita paruh baya dan seorang anak perempuan yang terlihat berfoto dalam sebuah resepsi pernikahan. Dalam foto tersebut terlihat 3 wanita di foto pertama bersanding masing-masing dengan 1 pria.

Komentar dan klarifikasi foto yang diposting akun Facebook Septia Nha Wati direspons oleh 61 komentar pengguna Facebook, dan telah dibagikan ke pengguna Facebook lainnya sebanyak 5 kali.

"q jg heran kok mbk knp y ank indonesia suka fitnah dan ngurusin hidup orang lain blm tentu rumah tangga dia bhg klau ada suka bangla shere gitu," tulis seorang pengguna Facebook dengan akun Bonsai Aje.

"Sekeluarga nikah bareng...syahhdunnyaaa...ngirit biaya juga hehehe," tulis komentar lain dari pengguna Facebook Jyiolie Sek.

"Kn aq dh bilng kemaren.... itu foto adalh tiga pasangn.. bukn satu orng tiga istri..... hihii bener dugaanku......," tulis akun Facebook Cahaya Nor Qaseh.

UPDATE

Seorang pembaca detikcom bernama Neyna Hapsari memberikan informasi tentang pria yang ada di foto tersebut. Neyna mengatakan kalau pengantin pria yang ada di dalam foto adalah temannya yang bernama Mohammed Mustafid.

Foto tersebut adalah benar adanya, tapi cerita dibalik foto itu adalah si pria dengan 2 saudara laki-lakinya menikah dalam waktu yang hampir bersamaan, sehingga keluarga sepakat menjadikan 1 acara walimahan dengan 3 mempelai pria dan 3 mempelai wanita. Si pria dalam foto adalah Mohammed Mustafid, beliau rekan saya di KNPI Jawa Tengah. Istrinya yang asli adalah yang duduk di depannya, sedangkan wanita yang di tengah dan pinggir adalah istri dari saudara laki-lakinya," tulis Neyna dalam email yang diterima detikom.

Foto 3 pasang mempelai yang menikah dalam satu resepsi (Foto:Facebook Mohammed Mustafid)

Kesimpulan:

Dari klarifikasi yang ada, dipastikan foto tersebut asli, namun isu yang menyebutkan pria tersebut menikah dengan tiga orang adalah hoax. Itu bukan foto seorang pria menikah dengan tiga wanita, namun tiga pasangan yang menikah bersamaan.

Sumber: detik.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Posting Komentar